Home / Kegiatan / Pelatihan Biogas Rumah Tangga

Pelatihan Biogas Rumah Tangga

Pelatihan Biogas Rumah TanggaHanura-RGLFM: Menjelang akhir tahun 2012 Jaringan Radio Komunitas Lampung sebagi Mitra/CPO  Yayasan Biru (Biogas Rumah ) mengadakan Pelatihan Pembuatan Reaktor Biogas, pelatihan ini sendiri diikuti setidaknya dari lima mitra/CPO Yayasan Biru (Biogas Rumah) yang melibatkan 22 peserta terdiri dari Tukang dan Supervisor yang nantinya menjadi tenaga ahli dari mitra Biru.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama 9 hari dari tanggal 13 hingga tanggal 22 November 2012, yang difasilitasi langsung dari Yayasan Biru dengan Co trainer dari luar daerah, hampir semua peserta dapat mengikuti semua schedule  pelatihan hingga akhir pelatihan yang masing-masing peserta diwajibkan mengikuti ujian tertulis sebagai prasyarat untuk mendapatkan sertifikat dari yayasan Biru.
Suasana Pelatihan Tukang Biogas

Dalam pelatihan sebagai uji coba pembuatan Reaktor Biogas berada di Desa Hanura yang terdiridi dua titik lokasi yaitu di Dusun A dan di Dusun C Desa Hanura Kecamatan Padang Cermin, yang masing-masing Pemilik ternak (sapi) sebelumnya sudah dilakukan kegiatan Prakondisi maupun mengisi Form Agreement antara Mitra/CPO yaitu Jaringan Radio Komunitas Lampung (JRKL) dengan Rumah Tangga Pemilik Ternak (User) yang mendapat subsidi Rp. 2.000.000,- dari yayasan Biru melalui Hivos (kerjasama Indonesia dan Pemerintahan Belanda). Meskipun dua Reaktor yang dibuat oleh para peserta pelatihan namun dari kontruksi dan penggunaan material harus memenuhi kwalifikasi  yang disyaratkan Yayasan Biru dan berstandar SNI.

Dari Pelatihan diharapkan semua peserta yang mengikuti bisa mendapatkan sertifikat dari Yayasan Biru sebagai modal untuk menyambut rencana pembangunan 50 Reaktor di Kabupaten Tanggamus  dari Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) di tahun 2012 ini, sementara untuk Yayasan Biru diharapkan para tukang terlatih maupun Supervisor  dapat memenuhi target pembuatan 30 Reaktor melalui kelima Mitra kerja Yayasan Biru, dan yang terpenting para peserta bisa menjadi Promotor untuk para rumah tangga pemilik ternak yang nantinya ingin membuat Reaktor Biogas diwilayah kerja masing-masing, semoga semua mendapat manfaat dari olah limbah menjadi berkah. (Agus.g)

Sumber tulisan asli : rglfm.jrklampung.org

About wisnu ridho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + = 18