Home / Profil Rakom / Xavese 107,7 FM – Pringsewu

Xavese 107,7 FM – Pringsewu

Lambang Xavese FM
Lambang Xavese FM

Radio Komunitas Xavese merupakan radio komunitas berbasis pendidikan bagi anak-anak sekolah dan warga sekitar Pringsewu.  Awal mengudara Tahun 2006, yang terinspirasi dari minimnya sarana bagi warga (pelajar dan masyarakat) untuk menemukan wadah yang bisa digunakan untuk saling berkomunikasi dan tempat belajar yang mudah dijangkau.   Disisi lain, hal ini lebih disebabkan oleh wilayah Kabupaten/Kecamatan Pringsewu yang sedang berkembang dan jarakanya cukup jauh dari pusat kota.

Selain itu, melihat perkembangan Pringsewu sekarang yang akan dijadikan salah satu kota pendidikan di Provinsi Lampung, maka perlu adanya media yang bisa digunakan untuk menjembatani proses belajar dan silaturahmi warga. Lebih khusus bagi para pelajar, sesuai kurikulum pendidikan sekarang yang membolehkan menggunakan sarana media radio untuk kegiatan pembelajaran.

Dalam perjalanan waktu,  masyarakat sekitar juga bisa menggunakan media ini sebagai sarana untuk mengenalkan seni misalnya seni musik keroncong yang sekarang ini mulai ditinggalkan oleh anak-anak muda.  Semua pihak yang terlibat dalam pembuatan stasiun radio komunitas Xavese, sepenuhnya yakin bahwa dengan media radio komunitas pencerdasan warga masyarakat dapat diberikan dengan penyampaian secara santun.

Radio Komunitas Xevese hadir di tengah-tengah derasnya arus informasi dan komunikasi yang sering kali  justru dapat merugikan warga karena belum bijak dalam menggunakan dan menyikapi keberadaanya.  Seringkali warga terjebak dengan hadirnya peralatan teknologi dan komunikasi (seperti Hp, internet, dll) sehingga mereka menggunakan bukan merupakan sebuah kebutuhan namun hanya sebatas keinginan.

Dilihat dari sisi kemanfaatan dan kolektivitas yang sudah terbangun maka beberapa pengelola yang saat itu sudah mulai memikirkan untuk kemajuan yang lebih baik, Rakom Xavese berusaha melegalisasi keberadaannya.  Hal ini dimaksudkan agar Rakom Xavese benar-benar dapat digunakan warga untuk keperluan pembelajaran dan menjadi milik warga dalam menyampaikan aspirasinya.

Walaupun dalam perjalanan waktu masih terseok-seok kami mencoba untuk mewujudkan Rakom Xavese menjadi salah satu Radio Komunitas yang bisa mengakomodir kebutuhan warga melalui informasi dan hiburan sesuai dengan prinsif  Radio Komunitas. Saat ini perjalanan Radio Komunitas Xavese telah menginjak 6 tahun melangkah dalam kerangka Radio Komunitas, masih banyak yang harus kami lakukan dalam mewujudkan masyarakat yang partisifatif sekaligus juga emansifatoris untuk menuju masyarakat yang cerdas, santun dan terorganisir.

About admin-jrklampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 4